Tulisan ini hanya latihan dan jawaban soal UAS Teknik Publikasi

NAMA: SANDA REFIA DEBIE
NIM: 11160510000096
KELAS: KPI 7B
UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH: TEKNIK PUBLIKASI
DOSEN : PAK SAIFUL

1. Berita dengan karakteristik media cetak hard news bentuk tulisan piramida tegak. Menentukan 5W+1H dan menjelaskan alasan pemilihan anglenya.
2. Berita dengan karakteristik media online hard news dengan bentuk tulisan piramida terbalik. Menentukan 5W+1H dan menjelaskan alasan pemilihan anglenya.
3. Berita dengan karakteristik media cetak dengan tema berita soft news (feature)?. Menentukan juga 5W+1H dan jelaskan alasan pemilihan anglenya.
Jawaban :

1. Bangga, Tim Futsal Putra UIN Jakarta Berhasil Keluar Jadi Pemenang dalam Liga Mahasiswa Futsal National 2018 Yang Telah Usai

Ciputat, Tangerang Selatan-  Juara bertahan bisa dikalahkan dengan mudah di babak final yang sangat seru dan mencetak gol-gol indah pada saat melawan mereka. Tim futsal putra UIN Jakarta berusaha tampil terbaik di perjuangan terakhir mereka dalam pertandingan.

Liga Mahasiswa Futsal National 2018 adalah pagelaran pamungkas yang berlangsung pada 7-16 Desember 2018, pertandingan ini berlangsung di GOR Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Bekasi. Persaingan sangat menarik yang ditampilkan dari wakil-wakil semua conference.

Sebanyak 12 tim putra dan 10 tim putri tampil di ajang bergengsi ini. Pada bagian putra, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil tampil sebagai yang terbaik. Mereka bisa mengalahkan STIE Bhakti Pembangunan (BP) Jakarta dalam final.

Kemenangan ini sangatlah membuat bangga karena telah mengharumkan nama UIN Jakarta. Menurut pendapat Fina salah satu anggota tim futsal putri UIN Jakarta dia juga merasa sangat bangga dengan kemenangan yang di dapat oleh tim futsal putra itu.

“Bangga banget pokoknya sama mereka, karena ini Liga Mahasiswa Nasional. Kebayang dong gimana hebat nya perjuangan mereka saat bertanding. Ketemu Universitas se-Indonesia dan bisa menang itu luar biasa banget”. Ujar Fina.

“itu artinya kita juga bisa tuh bersaing dan unggul di bidang lain khususnya bidang olahraga sama Universitas-universitas lain yang ada Indonesia”, sambungnya.

Pada kesempatan kali ini sangat disayangkan tim futsal putri UIN Jakarta tidak bisa ikut serta dalam event pertandingan Liga Mahasiswa Futsal Nasional tersebut. Namun, dengan kemenangan yang di raih tim futsal putra ini bisa untuk memotivasi mereka agar bisa mengikuti jejaknya juga.

“Harapan nya untuk tim futsal putri pastinya bisa ngikutin jejak tim futsal putra yang bisa punya banyak prestasi dan bisa mengharumkan nama Universitas,” ucap Fina menutup pembicaraan.

Rasa bangga tidak hanya dirasakan oleh para tim futsal putra atau pun tim putri saja. Seluruh mahasiswa UIN Jakarta juga merasa bangga mereka bisa mengharumkan nama UIN Jakarta di Liga Mahasiswa Futsal Nasional 2018.

Hal itu juga dirasakan oleh Dini salah satu mahasiswi UIN Jakarta, dia merasa bangga tim futsal putra bisa keluar jadi pemenang. “Semua selalu mendoakan yang terbaik dan selalu mendukung buat UIN Jakarta, tim yang juga berjuang mengharumkan nama kampus tercinta ini”, ucap dini.

Tidak hanya menang juara 1, tim futsal putra juga mendapat beberapa penghargaan lain seperti best player, best keeper, dan top skor. Keluarnya UIN Jakarta sebagai pemenang pada pertandingan Liga Mahasiswa Futsal Nasional 2018 menandakan pula berakhirnya Liga Mahasiswa season 6 tersebut.

5W+1H
Who: Siapa yang berhasil menjadi pemenang ? Tim Futsal Putra UIN Jakarta
What : Apa yang dilakukan Tim Futsal Putra UIN Jakarta ? Menang dalam Liga Mahasiswa Futsal National 2018
Where: Dimana Pertandingan berlangsung? Bertempat di GOR Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Bekasi
When: Kapan pertandingan itu berlangsung? Pertandingan berlangsung pada tanggal 7-16 Desember 2018
Why : kenapa UIN Jakarta bisa menang? Tim Futsal Putra UIN Jakarta berusaha tampil terbaik di perjuangan terakhir mereka, dan akhirnya bisa mengalahkan STIE Bhakti Pembangunan (BP) Jakarta dalam final.
How: Bagaimana UIN Jakarta bisa menjadi pemenang? Juara bertahan bisa dikalahkan dengan mudah di babak final yang sangat seru dan mencetak gol-gol indah pada saat melawan mereka.

Dalam konteks berita diatas, angle beritanya adalah “ Bangga nya Tim Futsal Putra UIN Jakarta bisa memenangkan event pertandingan tingkat nasional kali ini. Sehingga bisa memberikan motivasi kepada Tim Futsal Putri UIN Jakarta agar bisa meniru jejak Tim Futal Putra”.
Alasan: dalam konteks berita ini memakai sudut pandang tim futsal putri yang termotivasi dengan Tim Futsal Putra yang berhasil memenangkan pertandingan.












2. Pameran Foto Karya KMF KALACITRA Sangat Menarik Membuat
Banyak Pengunjung Yang Berantusias Datang

Ciputat, Tangerang Selatan-  Komunitas Mahasiswa Fotografi (KMF) KALACITRA telah mengadakan sebuah pameran besar, yaitu Pameran Susur Foto Siswa Angkatan XIV “ANOM” . Pameran akan dilaksanakan selama 5 hari, mulai pada hari Selasa 18 Desember 2018 sampai dengan hari Minggu 22 Desember 2018. Pameran berlangsung di Aula Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pada acara pembukaan Wakil Rektor UIN Jakarta yaitu Prof. Dr. Yusran Razak, MA diminta hadir untuk membuka pameran tersebut. Dalam acara pembukaan pameran ada penampilan dari KMM Riak UIN Jakarta, PSM UIN Jakarta, dan penampilan dari Band CHILD OUT yang sangat dinantikan oleh para pengunjung.

Pameran ini adalah acara yang diadakan untuk menampilkan hasil jepretan foto-foto dari Komunitas Mahasiswa Fotografi dari Angkatan XIV, dan ada juga beberapa hasil-hasil karya yang sengaja di buat untuk di pamerkan kepada pengunjung dalam pameran tersebut.

Menurut pendapat Annisa salah satu mahasiswa jurusan Jurnalistik UIN Jakarta yang menjadi pengunjung pameran tersebut. Dia sangat berantusias untuk datang  pada pameran yang diadakan oleh Komunitas Mahasiswa Fotografi  (KMF) KALACITRA ini.

“Bagus banget sih ada pameran seperti ini, saya juga bisa mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat karena ada Workshop, Seminar, Bincang-bincang Fotografi yang bisa saya ikuti juga”, ujar Annisa.

“Apalagi banyak penampilan-penampilan dalam acara ini, jadi merasa terhibur dan menarik banget buat datang ke pameran ini”, katanya.

Selain pameran foto-foto hasil jepret dari komunitas KALACITRA, ada juga acara-acara yang bisa di ikuti seperti Workshop bersama Portraiture Photographer, Bincang-bincang Fotografi, Seminar bersama AFP Photographer, dan ada Live music juga yang akan menghibur para pengunjung.

Bagi pengunjung yang mau tau keseruannya dan ingin datang ke pameran tersebut, Pengungung bisa langsung datang ke tempat pameran yaitu di Aula Student Center UIN Jakarta, pengunjung tidak akan dipungut biaya apapun, bahkan ada free snack dan coffee break juga.

5W+1H
Who: Siapa yang mengadakan sebuah acara pameran ? yang mengadakan pameran itu dari Komunitas Mahasiswa Fotografi (KMF) KALACITRA
What : Apa yang diadakan oleh Komunitas Mahasiswa Fotografi (KMF) KALACITRA? Sebuah acara Pameran Susur Siswa Angkatan XIV “ANOM”
Where: Dimana pameran itu berlangsung? Bertempat di Aula Student Center UIN Jakarta
When: Kapan pameran itu diadakan? Pameran diadakan selama 5 hari, pada hari Selasa 18 Desember 2018 sampai dengan hari Minggu 22 Desember 2018
Why : kenapa diadakan acara pameran itu? untuk menampilkan hasil jepretan foto-foto dari Komunitas Mahasiswa Fotografi dari Angkatan XIV, dan ada juga beberapa hasil-hasil karya yang sengaja di buat untuk di pamerkan
How: Bagaimana cara pengunjung untuk masuk ke pameran tersebut? Pengungung bisa langsung datang ke tempat pameran yaitu di Aula Student Center UIN Jakarta, pengunjung tidak dipungut biaya apapun dan ada free snack dan coffee break.

Dalam konteks berita diatas, angle beritanya adalah “Menarik nya acara Pameran foto yang diadakan  Komunitas Mahasiswa Fotografi (KMF) KALACITRA membuat para pengunjung ingin datang ke acara tersebut”.
Alasan: karena dalam konteks berita ini memakai sudut pandang pengunjung yang datang ke pameran itu.



3. Dua Bulan Pelatihan DNK TV Rela Tak Pulang Ke Kampung Halaman Untuk Sementara Waktu

Ciputat, Tangerang Selatan – Lembaga Penyiaran Komunitas DNK TV Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM) UIN Jakarta akan melakukan pelatihan selama dua bulan untuk calon anggota baru nya. Pelatihan itu akan di mulai pada tanggal (3/1/19) dan berlangsung sampai tanggal (27/2/19).

Banyak para calon anggota baru DNK TV yang bingung karena bila mereka ikut pelatihan maka mereka tidak akan pulang kampung ke rumah nya pada libur semester ganjil kali ini, khususnya mahasiswi perantau seperti Sinta.

Sinta Sunja Prastika adalah mahasiswi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) semester satu yang menjadi calon anggota DNK TV, dia  rela tidak pulang ke rumah nya yang bertempat di Tuban Jawa Timur untuk mengikuti pelatihan ini.

“Tujuan mengikuti pelatihan ini kan supaya mendapat ilmu yang baru untuk mengejar impian saya jadi saya akan berkorban untuk impian itu,  kalo tidak pulang sekarang kan bisa pulang liburan semester dua nanti,” ujar Sinta.

“harapannya sih bisa lolos terus jadi anggota baru DNK TV, tapi kalo seumpama belum lolos setidaknya udah dapat ilmu pengetahuan baru dan teman baru juga,” lanjutnya.

Menurut nya pelatihan ini sangatlah penting untuk dirinya sebagai tahap awal agar menjadi yang lebih baik lagi dan memang harus dilalui olehnya. Dia berusaha untuk selalu menyemangati dirinya agar semangat yang dia miliki tidak mudah hilang.

Pelatihan itu memang dirasa sangatlah berat, tidak sedikit calon anggota baru lain yang mengundurkan diri tidak ikut pelatihan karena lebih memilih pulang kampung ke rumahnya. Dalam pelatihan itu semua calon anggota baru akan di tes kemampuannya untuk terjun langsung ke dunia broadcasting, menjadi editor, kameramen, presenter, dan penulis naskah.
5W+1H
Who: Siapa yang mengikuti pelatihan dan tidak pulang ke kampung? Sinta Sunja Prastika
What : Apa yang dilakukan oleh Sinta pada saat libur semesteran? Mengikuti sebuah pelatihan DNK TV yang dia ikuti
Where: Dimana kampung halaman sinta? Tuban Jawa Timur
When: Kapan pelatihan DNK TV itu dilaksanakan? Pada tanggal 3 Januari sampai dengan 27 Februari 2019
Why : kenapa dia lebih memilih mengikuti pelatihan tersebut? Menurut nya pelatihan ini sangatlah penting untuk dirinya, tujuan mengikuti pelatihan ini supaya mendapat ilmu yang baru untuk mengejar impian.
How: Bagaimana cara dia untuk bertahan untuk mengikuti pelatihan itu? Dia berusaha untuk selalu menyemangati dirinya agar semangat yang dia miliki tidak mudah hilang.

Dalam konteks berita diatas, angle beritanya adalah “Rela tidak pulang ke kampung halaman karena harus mengikuti sebuah pelatihan yang menurutnya sangat penting”.
Alasan: karena dalam konteks berita ini memakai sudut pandang peserta pelatihan yang lebih memilih mengikuti pelatihan tersebut di bandingkan pulang ke kampung halamannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Now is MINISO Life!

How to make lumpia basah?